Polres Kukar Berhasil Tangkap Pelaku Curat Spesialis Pecah Kaca Mobil

Poldakaltim.com, TENGGARONG,- Jajaran Reskrim Polres Kukar berhasil membekuk pria berinisial N (42) alias Jeky yang diduga sebagai pelaku pencurian dengan pemberatan (curat) spesialis pecah kaca mobil korban yang diparkir di jalan, Jumat (12/5/2017).

“Aparat terpaksa melumpuhkan pelaku dengan menembakkan kaki, ketika berusaha kabur saat diminta menunjukkan barang bukti yang disimpan di rumah kerabatnya, di Jl.MT. Haryono RT 1 Desa Loh Sumber Kec.Loa Kulu Kota,” kata Kapolres Kukar AKBP Fadilah Zulkarnain SIK.

Penangkapan pelaku N, warga Jl. Cipto Mangun Kusumo  RT. 11 Kel. Harapan Baru, Kec. Loa Janan Ilir Kota Samarinda itu bermula adanya laporan salah satu dari warga Enggar Jaswardana, yang kehilangan barang-barang berharganya ketika mobilnya diparkir di kawasan Jalan Jend. Sudirman Desa Loa Kulu Kota RT 13 Kec. Loa Kulu Kab. Kukar, Selasa (9/5/2017) pagi. Pelapor ketika itu memarkir mobilnya untuk membeli pakan ikan di sebuah gudang pakan ikan. Namun, setelah kembali, kaca mobilnya dibobol, sementara barang-barang berharga berupa Laptop Merk HP, HardDisk Merk Toshiba dan surat surat penting lainnya.

“Atas kejadian tersebut kemudian korban melaporkan ke Kantor Polsek Loa Kulu, pada Jumat (12/5/2017) sekira pukul 15.00 wita, dan langsung ditindaklanjuti dengan mengecek ke TKP. Berdasarkan remakan CCTV, anggota mencurigai seseorang dengan ciri-ciri yang sama, sehingga dilakukan pengejaran,” kata Kapolres Kukar.

Setelah berhasil dihentikan di daerah Margasari Desa Jembayan, lalu dilakukan interograsi dan tak bisa mengelak dengan apa yang terlihat di CCTV, akhirnya pelaku mengakui perbuatannya. Kemudian pelaku diminta menunjukan barang bukti yang disimpan di rumah salah satu kerabatnya di Loa Kulu. Barang bukti 1 buah tas punggung warna hitam merk SID, 1 hard disc merk Toshiba, 1 lapotop merk HP dan 1 HP Blackberry berhasil ditemukan di rumah ini.

“Tetapi pelaku berulah dan kabur saat petugas sedang mengambil barang bukti. Akhirnya setelah diberikan tembakan peringatan tetap tidak mau berhenti, petugas melumpuhkan dengan tembakan pada kaki sebelah kiri pelaku,” kata Kapolres Kukar, sembari pelaku langsung dibawa ke RS AM Parikesit Tenggarong untuk dilakukan pengobatan, dan setelah itu dibawa ke Polsek Loa Kulu bersama barang bukti.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana mengimbau kepada warga masyarakat agar terus wasdapa ketika memarkir mobil, maupun kendaraannya di tempat-tempat umum. Barang-barang berharga, seperti laptop dan surat-surat penting, maupun uang dalam tas, sebaiknya tidak ditinggalkan, kendati mobil dalam keadaan terkunci.

“Bila terjadi tindak kejahatan segera melapor kepada aparat terdekat agar bisa segera ditindaklanjuti menangkap pelaku. Bisa pula, dengan memanfaatkan aplikasi Polda Kaltim dengan menekan tombol pannic button, polisi akan meluncur,” kata Ade Yaya.

(Humas Polda Kaltim)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password