AKBP Pramuja Sigit Wahono S.I.K “Pancasila adalah Karakter bangsa Indonesia”

KUBAR – Poldakaltim.com, Hari ini, (25/07) bertempat di gedung BPU SMPN 2 Sendawar Sat Binmas polres kutai barat melaksanakan sosialisasi Pengamalan Butir-Butir Pancasila. Kegiatan ini merupakan bentuk sumbangsih dan perhatian institusi kepolisian terhadap usaha pemerintah yang tengah mengupayakan sosialisasi pengamalan Pancasila, yang kini ditengarai semakin memudar.

Acara yang dimulai sekitar pukul 08.00 pagi itu dihadiri oleh 400 murid dan bapak/ibu guru dari SMPN 2 sendawar. Turut hadir kepala SMPN bapak Marlan Rikeh, S.Pd. M,Pd yang menyampaikan jika pihaknya sangat senang dengan kegiatan seperti ini. Dimana ada kepedulian dari kepolisian untuk membantu para guru dalam mengajarkan nilai-nilai Pancasila kepada para murid. Pihak sekolah berharap kegiatan seperti ini bisa berkelanjutan dan kedepannya menjadi kegiatan rutin di sekolah-sekolah khusunya SMPN 2 Sendawar.

“kami sangat senang dan mendukung sekali kegiatan dari bapak-bapak polisi ini, karena ada kepedulian dan rasa ikut tanggung jawab kepada pengamalan nilai-nilai pancasila kepada generasi penerus bangsa ini” ucap Marlan.

Sebelum acara sosialisasi dimulai, IPDA Kalasia selaku KBO Sat Binmas Polres Kutai Barat menyampaikan ungkapan terimakasih dari Bapak Kapolres Kutai barat karena telah diberikan kesempatan untuk memberikan sosialisasi. Dan turut juga disampaikan tentang anggota Polisi yang membawa senjata api ketika melakukan pengaturan jalan.

anggota polisi yang membawa senjata api merupakan standar operasi prosedur (SOP) yang sudah benar. Dimana anggota sabhara melakukan pengawasan dan perlindungan terhadap anggota lalu lintas yang tengah melakukan pengaturan jalan. Karena sering kita lihat banyak kejadian penyerangan yang dilakukan terhadap polisi ketika tengah melakukan tugas.

“Itu adalah bentuk antisipasi dan cara yang kita lakukan untuk melindungi anggota kami. Jadi untuk masyarakat jangan takut atau merasa aneh kepada kami. Karena kami juga harus memperhatikan keselamatan para anggota dilapangan” tegas IPDA Kalasia.

Kegiatan sosialisasi yang berlangsung sekitar 2 jam tersebut mendapat sambutan yang bagus dari para murid. Mereka terlihat sangat antusias dan sesekali mereka juga mengajukan pertanyaan kepada pemateri. Mereka diharapkan mampu menyerap apa yang telah disampaikan dan yang paling penting adalah mereka bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Mereka tau apa yang menjadi hak dan kewajibannya.

Di tempat berbeda kapolres Kutai Barat mengungkapkan jika kegiatan seperti ini akan terus dilakukan dan merupakan salah satu cara kepolisian dalam ikut serta membangun generasi bangsa yang cerdas dan unggul serta berkarakter pancasila

“Kami dari kepolisian akan menjadikan kegiatan ini sebagai kegiatan rutin dan berlanjut. Dimana setiap harinya akan ada anggota dari kepolisian yang datang kesekolah untuk mensosialisasikan butir-butir Pancasila. Dan bahkan nanti bukan hanya lewat sekolah, ketika sambang dan patroli anggota kami akan juga memberikan himbauan yang disisipi dengan nilai-nilai pancasila” tegas orang nomor satu di Polres Kutai Barat tersebut.

(Humas Polda Kaltim)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password