Gelar Operasi Patuh Mahakam 2018, Polda Kaltim Tekankan 7 Poin Keselamatan

BALIKPAPAN, Poldakaltim.com, – Dalam rangka memelihara keamanan, ketertiban serta kelancaran dalam berlalu lintas, Ditlantas Polda Kaltim melaksanakan Apel gelar Pasukan dalam rangka Operasi Kepolisian Terpusat Patuh Mahakam di Halaman SMKN 1 Balikpapan, Kamis (26/04/2018).

Kegiatan Operasi Patuh Mahakam ini berlangsung sejak tanggal 26 April – 9 Mei 2018 dengan menekankan 7 poin keselamatan selama berkendaraan yang jika dilanggar bisa berakibat fatal, yakni penggunaan helm SNI, sabuk pengaman, memperhatikan batas kecepatan kendaraan, tidak mengemudi dalam keadaan mabuk, tidak menggunakan handphone saat berkendara, cegah anak di bawah umur berkendaraan, dan tidak melawan arus lalu lintas.

“Sasaran kami memang pengemudi di bawah umur dalam Operasi Patuh Mahakam 2018 ini, sekaligus kami memberikan edukasi bagi pelajar di bawah umur agar tidak mengendarai motor sebelum waktunya atau sebelum punya SIM. Karena dalam berlalu lintas akan sangat berbahaya jika mereka belum layak dan memenuhi persyaratan,” tutur Dirlantas Polda Kaltim Kombes Pol Subandriya, S.H., M.H.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang digelar di halaman Mapolda Kaltim, sesuai instruksi Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs. Priyo Widyanto, M.M., Ditlantas Polda Kaltim dan Jajarannya menggelar apel di sekolah- sekolah di Kalimantan Timur.

Dalam Operasi Patuh Mahakam ini, polisi secara tegas akan melakukan penilangan bagi setiap pelaku pelanggaran secara terukur, serta selalu mengedepankan tindakan preventif, bukan represif.

“Para guru ingin kami memberikan sosialisasi kepada anak didik mereka terkait bagaimana cara membuat SIM, apa saja yang di uji. Bahkan para guru berharap uji praktik pembuatan SIM dijadwalkan untuk anak sekolah yang sudah cukup umur untuk melatih mereka agar bisa mengemudi dan beretika dalam berlalu lintas,” tuturnya.

Ditempat terpisah Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana menambahkan Dalam kegiatan ini tidak hanya melibatkan Kepolisian saja tapi juga menurut sertakan instansi terkait lainnya seperti Detasemen Polisi Militer, Dishub dan Jasa Raharja dengan haarpan dapat membantu kelancaran giat Operasi Patuh kali ini.

“diharapkan kepada seluruh masyarakat untuk dapat selalu mematuhi peraturan lalulintas dengan tidak melakukan pelanggaran yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain serta kami berharap perilaku tertib berlalu lintas ini tidak hanya diterapkan masyarakat saat Operasi Patuh Mahakam berlangsung, tapi juga pada hari-hari mendatang” tutup Kombes Pol. Ade Yaya Suryana.

HUMAS POLDA KALTIM

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password