Giat Bersih Pantai, 45 Ton Sampah Berhasil Dikumpulkan

Poldakaltim.com, Balikpapan – Menyambut Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun ini, Polda Kaltim menggelar bersih-bersih pantai bersama dengan jajaran Kodam VI Mulawarman dan pelajar tingkat SMP, pada Kamis (21/2/2019) pagi tadi.

Total 690 orang peserta kegiatan ini bahu-membahu memungut sampah yang tersebar di sepanjang pantai SPN Polda Kaltim, Stalkuda.

Kapolda Kaltim Irjen Pol. Priyo Widyanto yang memimpin kegiatan ini mengungkapkan, kegiatan ini digelar selain sebagai pelaksanaan perintah Kapolri Jendral Pol. Tito Karnavian, juga untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat agar lebih mencintai lingkungannya.

Saat pelaksanaan bersih-bersih pantai ini, sebut Irjen Pol. Priyo, pihaknya memisahkan sampah yang terkumpul menjadi dua bagian, yaitu sampah plastik dan sampah non-plastik, seperti kayu daun, foam dan lain-lain.

“Alhamdulillah semuanya berjalan lancar. Total sampah yang terkumpul mencapai 8 ton, dengan 5 ton sampah plastik dan 3 ton sampah non-plastik,” beber Kapolda Kaltim.

Pelaksanaan bersih-bersih pantai ini, sambung Irjen Pol. Priyo, tak hanya dilaksanakan di Balikpapan. Seluruh Polres dan Polresta jajaran Polda Kaltim juga melaksanakan di wilayah masing-masing.

“Anggota di daerah juga melaksanakan, dan waktunya serentak. Di luar Balikpapan, total sampah yang terkumpul sampai 32,6 ton, dengan 19,3 ton sampah plastik dan 13,3 ton sampah non-plastik,” urai Kapolda Kaltim.

“Jadi total sampah terkumpul dari kegiatan hari ini di seluruh wilayah Kaltim sekitar 45,8 ton,” sambungnya.

Ia berharap, kegiatan seperti ini bisa terus dilakukan oleh berbagai kalangan, mulai instansi, lembaga pemerintah, sampai masyarakat luas.

Menurutnya, bersih-bersih pantai ini juga bisa menjadi salah satu sarana untuk personil Polri agar bisa lebih dekat dengan masyarakat, sehingga sinergi dan hubungan baik antara Polri dan masyarakat semakin kuat.

“Dengan terjun ke lapangan, diharapkan para personel lebih semakin peduli dengan lingkungan sekitar. Dengan lingkungan yang bersih, maka akan tercipta kehidupan yang sehat,” tukas Irjen Pol. Priyo.

HUMAS POLDA KALTIM

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password