Sosialisasi Pencegahan Covid-19, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Polres Bontang Laksanakan Penling Kepada Warga

Poldakaltim.com, BONTANG – Upaya Pencegahan merebaknya corona virus di Kota Bontang terus dilakukan dengan melibatkan semua unsur, baik TNI, POLRI, instansi pemerintah, swasta dan masyarakat.  Tak hanya petugas dari Dinas Kesehatan, petugas dari TNI dan POLRI juga melakukan hal yang sama.

Upaya pencegahaan yang dilakukan TNI dan POLRI antara lain dengan melakukan Penerangan Keliling (Penling) sosialisasi langsung kepada masyarakat. Salah satunya adalah keterlibatan Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang melakukan Penerangan keliling.

Babinsa dan Bhabinkamtibmas bersinergi berkeliling perumahan, keluar masuk gang, dan jalan protokol serta ke lokasi kumpulnya masyarakat, Selasa (24/3/2020). Hal ini merupakan inisiatif kedua petugas tersebut dalam pencegahan penukaran covid-19 ke masyarakat.

Dengan membawa motor dan pengeras suara, keduanya berboncengan berkeliling Perumahan, Gang dan Jalan Protokol. Mereka memberikan informasi kepada masyarakat terkait pencegahan virus Corona. Salah satunya adalah meminta masyarakat tidak panik, sering mencuci tangan dan menggunakan masker jika bepergian dan tidak ikut menyebarkan berita bohong (Hoax).

“Kita lakukan sosialisasi dengan motor tujuannya agar mengena ke masyarakat. Saat ini kan kita tidak bisa mengumpulkan masyarakat. Makanya solusinya adalah berkeliling dengan motor ini,” ujar Aipda Ahmad Bajuri.

Terpisah, Kapolres Bontang AKBP Boyke Karel Wattimena menyambut baik inisiatif anggota Polri dan TNI melakukan sosialisasi ke masyarakat dengan menggunakan motor. Saat ini, polisi dan TNI membantu pemerintah daerah untuk melakukan pencegahan penyebaran covid-19 di Bontang.

“Kita apresiasi. Karena inisiatif para Bhabinkamtibmas dan Babinsa memberikan pencerahan terhadap masyarakat untuk menjaga kebersihan dan kesehatan,” ujarnya.

Saat ini, Polres Bontang juga melakukan sosialisasi dengan menggunakan mobil keliling. Mobil tersebut berkeliling di lokasi keramaian seperti di pasar dan jalan-jalan umum.

“Sosialisasi yang kami lakukan untuk di kota kita gunakan mobil keliling sedangkan di Desa atau di Gang-Gang kecil menggunakan motor,” pungkasnya.

Ditempat terpisah, Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol. Ade Yaya Suryaba meminta agar masyarakat tetap tenang dan jangan panik namun diminta untuk lebih meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing dan mengikuti informasi serta himbauan resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah. Ade juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak menyebarkan berita-berita bohong atau Hoax.

“bila ada yang menyebarkan berita bohong dan mengakibatkan kegaduhan dan keresahan masyarakat, akan kami tindak” tegasnya

HUMAS POLDA KALTIM

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password