Jelang Pilkada 2020, Polres Paser Gelar Pelatihan Pengendalian Massa

Poldakaltim.com, Paser – Seluruh personel Polres Paser melaksanakan latihan rutin pengendalian massa (dalmas) guna peningkatan kemampuan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 Kabupaten Paser, Kamis (22/10/2020).

Kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan di Halaman Mako Polres Paser dan diaplikasikan di jalan depan mako Polres Paser, kegiatan dipimpin langsung oleh Waka Polres Kompol Boney Wahyu Wicaksono, S.I.K bersama Kasat Sabhara Akp Darmadi.

Menurut Waka Polres Paser latihan tersebut sekaligus untuk me- refresh agar personil polres Paser khususnya yang terlibat dalam sprin Dalmas semakin profesional dalam melaksanakan tugas-tugas di lapangan. “Anggota sudah memiliki gambaran apa yang akan dilakukan jika menghalau massa, dan kemungkinan terburuk jika terjadi bentrok massa,” jelasnya.

Dengan giat latihan dalmas tersebut, maka masing-masing personel kekuatan fisiknya terus terjaga dengan baik. Lebih dari itu, dengan seringnya dilaksanakan latihan, maka personel akan mudah dan lancar untuk melakukan pengamanan terhadap massa yang melakukan aksi unjuk rasa.

Kasat Sabhara juga menambahkan personel dalmas juga dipersiapkan untuk menghadapi demonstrasi serta mengantisipasi terjadinya anarkis. Sehingga dengan banyak latihan, para personel akan mudah menghalau massa dan menghadapi masa peserta unjuk rasa. “Kita terus memperdalam teknik dalmas agar anggota di lapangan lebih mahir. Sehingga menjadi personel yang terlatih, tangguh dan bertanggung jawab dalam menjalani tugas pengamanan unjuk rasa,” terangnya.

Adapun materi yang dilatihkan hari ini adalah Formasi Bersaf, Dalmas Awal menggunakan Tali Dalmas, Dalmas Lanjut menggunakan Tameng Dan Tongkat, serta latihan cara Lapis Ganti dari dalmas awal ke dalmas lanjut kemudian latihan menggunakan Formasi Berlindung dan penggunaan Senjata Gas Air Mata (flashball).

Humas Polda Kaltim

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password