Kapolres Kutim Hadiri Apel Siaga Penanggulangan Bencana Alam

Poldakaltim.com, Kutim – Kesiapsiagaan menghadapi bencana merupakan langkah preventif dalam mengantisipasi penaggulangan bencana alam yang telah di atur dalam Undang-undang. Paradigma penanggulangan bencana telah berubah dari responsif menjadi preventif.

Demikian disampaikan Pjs. Bupati Jauhar Effendi saat memberikan arahan pada apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam, Senin (23/11/2020), di Lapangan Kantor Bupati Kab. Kutai Timur.

Pak Jauhar Effendi menjelaskan, berdasarkan hasil kajian risiko kebencanan di wilayah Kabupaten Kutai Timur, indeks risiko bencana Di Kutai Timur merupakan daerah dengan berbagai karakteristik geografisnya, yang dapat menjadi multi ancaman terjadinya bencana alam.

Dia mengungkapkan, wilayah Kutai Timur memiliki karakteristik bencana yang unik, yang mana setiap terjadi banjir pasti juga terjadi tanah longsor. Untuk menanggulangi bahaya ancaman bencana tersebut, diperlukan adanya perubahan perilaku menuju budaya aman bencana.

“Sosialisasi, gladi lapangan serta keterpaduan pemerintah dengan masyarakat serta dunia usaha, sangatlah diperlukan dalam rangka menurunkan risiko dari bencana tersebut,” kata Pak Jauhar.

Selain itu, lanjutnya, respon yang cepat antara keterpaduan pemerintah dan masyarakat dalam penanganan bencana juga sangat diharapkan. Sehingga dapat berjalan cepat, tepat, efisien dan efektif.

“Marilah kita mulai peduli dengan lingkungan di sekitar kita. Ajaklah anak-anak dan keluarga kita untuk mencintai dan menghargai lingkungan. Tindakan sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya, juga merupakan partisipasi kecil dalam menjaga lingkungan,” imbuh Kapolres Kutai Timur AKBP Welly Djamoko, S.H., S.I.K., M.Si.

“Penanggulangan bencana merupakan tanggungjawab bersama. Kami atas nama pemerintah mengucapkan terima kasih, karena banyak pihak swasta yang peduli jika ada bencana, terutama pengerahan alat-alat berat. Itu sangat membantu,” imbuhnya.

Kapolres Kutai Timur AKBP AKBP Welly Djamoko, S.H., S.I.K., M.Si.mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan pleton pasukan untuk menangani Bencana yang ada di wilayah Kab. Kutai Timur.

“Kepolisian juga menyiapkan fasilitas ambulan, Perahu, dan Sampan termasuk armada roda empat dan dua sudah kami siagakan,” kata Kapolres Kutim.

Humas Polda Kaltim

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password