16.500 Liter Disinfektan Disemprotkan dan Ribuan Masker Dibagikan Polres Berau Bersama Aparat Gabungan

Poldakaltim.com, Berau – Upaya pencegahan pandemi virus Corona (COVID-19) terus dilakukan di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Salah satunya dengan menyemprotkan cairan disinfektan ke jalan dan pemukiman warga. Seperti yang dilakukan Polres Berau bersama personel gabungan TNI, BPBD, Satpol PP, Dinas Kesehatan dan PMI Kabupaten Berau, Senin (8/2).

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Bupati Berau Agus Tantomo, Dandim 0902/Trd Letkol Inf Fardin Wardhana, Kabid Kedaruratan dan Logistik Nofian Hidayat dan Kejaksaan Negeri Berau.

Hal ini sebagai tindaklanjut dari Instruksi Gubernur terkait Kaltim Steril, salah satunya dengan melakukan penyemprotan disinfektan di berbagai tempat umum, rumah ibadah, perkantoran, pasar dan tempat pelayanan publik.

Dengan menggunakan dua unit mobil Armoured Water Cannon (AWC) Polres Berau dan satu unit mobil Damkar BPBD, puluhan ribu liter cairan disinfektan disebar secara serentak di Kota Tanjung Redeb. Selain dengan mobil, 5 alat semprot manual digunakan untuk dilakukan penyemprotan di pemukiman warga.

Kapolres Berau AKBP Edy Setyanto Erning Wibowo mengatakan sebanyak 16.500 liter disinfektan itu disasarkan pada benda mati dan bukan untuk orang-orang. Penyemprotan dilakukan sebagai salah satu langkah mencegah COVID-19.

“Sasaran kita benda mati, seperti mobil, tiang dipinggir jalan dan tempat duduk diseputar trotoar,” ungkap Kapolres Edy.

Selain penyemprotan disinfektan, juga dilakukan pembagian masker kepada masyarakat terutama para pedagang. Ia menyebut, sudah satu tahun COVID-19 hadir, penyebaran di Berau masih mengalami kenaikan yang signifikan.

“Masih ada masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Diantaranya tidak memakai masker saat keluar rumah. Merasa tidak jauh, hanya dekat saja, jadi tidak memakai masker,” katanya.

“Padahal kan kita tahu virus COVID-19 ini ada dimana saja. Kita tidak tahu, bisa saja ketika keluar rumah kita tertular, karena tidak memakai masker. Apalagi kalau keluar berinteraksi dengan orang banyak. Kalau pun bukan kita yang kena, bisa saja orang lain yang kontak dengan kita yang tertular akibat kita tak patuh protokol kesehatan,” jelasnya.

Ditempat terpisah Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana, S.I.K., M.H., mengingatkan agar terus mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

“Kita tentu ingin kembali hidup seperti sebelumnya. Mari taati protokol kesehatan agar pandemic ini segera berlalu,” pungkasnya.

Humas Polda Kaltim

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password